Cara Memilih Bahan Gorden dan Tirai


Material atau bahan adalah faktor utama yang diperlukan dalam membuat atau memasang gorden. Kecermatan memilih jenis, bentuk dan keindahan tampilan akan mengangkat suasana ruang. Berikut ini beberapa tips atau cara memilih bahan gorden.

Curtain (gorden) atau blind (tirai)?

Jenis gorden dilihat dari bahan pembuatnya dibagi dalam dua golongan besar, yaitu curtain (gorden) dan blind (tirai). Termasuk dalam golongan curtain adalah gorden yang dibuat dari bahan kain (pabrik). Sedangkan blind adalah penutup jendela yang dibuat dari bahan bahan alumunium, PVC, bamboo, kayu solid, atau fiber, dan lain-lain.

Warna Bahan: Senada atau Kontras?

Tentang warna, anda dapat memilih warna warna yang senada atau warna turunan dari dominasi warna yang ada pada ruang. Sebaliknya, jika menginginkan kejutan, anda bisa memakai warna yang sama sekali berbeda, bahkan kontras,untuk menjadi aksen.

Bahan Bercorak atau Polos?

Cermat memilih corak atau motif gorden juga sangat berengaruh pada kesan ruang yang inginanda ciptakan. Pemilihan corak biasanya pada jenis curtain, namun saat ini blind pun tampil tidak hanya dalam corak yang polos dan halus. Ada yang menampilkan wajah yang “bertekstur” seperti adanya lubang lubang atau bentuk lain. Seperti halnya memilih warna , menentukan corak gorden dapat dibuat senada ataupun kontras dengan dominasi corak yang ada di ruang, bergantung pada kesan yang ingin diciptakan, baik bagi tampilan jendela anda maupun dari kesan ruang secara keseluruhan.

Bahan gorden Tebal atau tipis?
Aplikasi sebuah gorden tidak selamanya terdiri dari bahan tebal yang dapat memblok secara total cahaya maupun pandangan. Pada kondisi tertentu, kehadiran bahan yang tipis dan tembus pandang(vitrase) justru dihadirkan untuk menampilkan kesan open space pada ruang yang mempunyai view yang indah di luar ruang
                                  
Kondisi Bahan dan Karakter Gorden

Tebal dan tipis bahan gorden
Bahan tipis mereduksi panas menjadi lebih hangat
Bahan tebal menjamin privasi dan memblok panas dan pandangan

Warna dan pola kain gorden         
Warna terang mengesankan luas
Warna gelap mengesankan sempit
tirai vertical blinds
Vertical Blinds
Pola vertical ruang terkesan lebih tinggi
Pola horizontal member kesan rendah
Bergambar besar menyempitkan ruangan

Tekstur kain gorden
Tekstur memengaruhi kemampuan gorden dalam merefleksikan cahaya. Selain bisa didapatkan dari tampilan fisik bahan, tekstur bisa dibentuk melalui kombinasi beberapa bahan dalam suatu penggunaan atau bagaimana bahan itu diperlakukan(dibiarkan lurus, dilipat, atau diberi kerutan).

Demikian ulasan tentang cara memilih bahan gorden dan tirai. semoga bermanfaat.

Sumber: Majalah Rumah edisi Khusus Gorden


0 Response to "Cara Memilih Bahan Gorden dan Tirai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel