Senin, 04 Januari 2016

Vertical Blind: Pengertian, Keistimewaan, dan Komponennya



Vertical Blinds

Salah satu tirai modern yang paling banyak digunakan dewasa ini adalah vertical blind. Apa itu vertical blind? Apa sajakah keistimewaanya dan komponen-komponennya?
Kali ini Sekolah Gorden ingin mengulas tentang  Vertical Blind: Pengertian, Keistimewaan, dan Komponennya untuk anda.

Apa yang dimaksud vertical blind/blinds?


Vertical Blinds merupakan tirai yang berfungsi sebagai penutup jendela dan pengatur cahaya yang masuk kedalam ruangan, berbentuk garis tegak memanjang dari atas ke bawah dengan bilah-bilah bahan yang terpisah namun berderet sehingga bilah-bilah tersebut bisa dibuka tutup secara horizontal dan bisa ditumpuk ke sebelah kiri atau kanan jendela.


Keistimewaan Vertical Blind


Berikut beberapa keistimewaan vertical blinds dibanding tirai modern lainnya:
  1. Komponen dan cara pengoperasian yang simpel memjadikan tirai harga vertical blind relatif lebih murah dibanding tirai modern lainnya.
  2. Pengoperasiannya simpel.
  3. Cara kerja bilah-bilah vertical yang bisa dibuka secara horizontal menjadikan fungsi pengaturan cahaya ruangan bekerja secara baik dan bisa diatur sesuai kebutuhan.
  4. Modelnya minimalis dan elegan.
  5. Harganya relatif murah jika dibandingkan jenis-jenis tirai lainnya. Untuk melihat harga katalog vertical blinds merek Sharppoint dan Onna silahkan bisa anda lihat DISINI.
  6. Banyak pilihan jenis kain dan pilihan warna sesuai selera anda.

Komponen dan Bahan Material Vertical Blind


Vertical Blinds terdiri dari beberapa komponen utama yang terbuat dari bahan material yang berbeda-beda, berikut paparannya:

A. Daun vertical blinds, lempengan plastik pemberat dan tali grendel

Daun/bilah-bilah vertical blinds terbuat dari bahan Polyester/Fiber glass yang dilapis dengan bahan khusus. Tekstur daun vertical blind biasanya agak kaku dibanding bahan gorden kain.

Di bagian bawah vertical blinds terdapat lempengan pemberat, biasanya terbuat dari plastik atau kombinasi plastik dan kaca, atau ada juga yang terbuat dari besi.

Dan tali grendel yang berfungsi untuk mengikat satu daun vertical dengan daun vertical lainnnya, sehingga daun-daun vertical yang terpisah-pisah tersebut ketika diputar ke kiri atau ke kanan dapat berputar beriringan dan tidak terpisah-pisah.

B. Satu set system pengoperasian

System pengoperasian vertical terdiri dari rel alumunium, kaitan plastik, penutup dan komponen tarikan yang dimasukkan ke dalam rel alumunium vertical blinds.

Juga terdapat bricket atau kaki vertical blinds yang terbuat dari besi dan berfungsi sebagai penyangga yang menahan vertical blinds terpasang secara menggantung.

C. Tali penarik untuk membuka dan menutup daun vertical

Berfungsi untuk membuka dan menutup daun-daun vertical blind. Di Bagian ini terdapat dua tali; Pertama, Tali Kur yang berfungsi sebagai alat untuk menarik daun-daun vertical blinds dan menumpuk disalah satu bidang jendela. Kedua, Tali Grendel yang berfungsi untuk membuka daun-daun vertical blinds secara horizontal baik kekiri maupun ke kanan, sehingga bisa mengatur intensitas cahaya yang masuk kedalam ruangan.

Demikian beberapa ulasan seputar Vertical Blind: Pengertian, Keistimewaan,dan Komponennya. Semoga informasi ini memberikan sedikit gambaran tentang vertical blinds sehingga membantu anda untuk melakukan pemesanan, instalasi atau perawatan vertical blinds.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar