Kamis, 27 September 2012

Jenis-jenis Usaha Gorden


Usaha Gorden
Berikut beberapa jenis usaha gorden yang cukup prospektif untuk digeluti dan menjanjikan keuntungan:

1. Produksi Kain dan Aksesoris
Banyaknya permintaan kain gorden sudah barang tentu menjadi peluang tersendiri bagi para pengusaha industri tekstil. Sentra-sentar industri tekstil dibeberapa daerah tidak lepas dari para produsen dan proses tekstil kain gorden (gordyn). Sebut saja di daerah Bandung, terdapat beberapa sentra industri tekstil yang cukup terkenal, seperti di Majalaya, Cimahi, Buah Batu, Rancaekek, Banjaran dan beberapa sentra tekstil lainnya. Selain di Bandung, beberapa Kota seperti Tangerang, Bekasi juga terdapat pabrik-pabrik tekstil yang memproduksi kain gorden.

Besarnya peluang untuk memproduksi kain gorden tentu tidak sebanding dengan prasarat yang diperlukan untuk terjun dibidang usaha yang satu ini. jika anda berminat terjun dibidang usaha yang satu ini, selain harus memiliki modal yang besar, Anda juga perlu memiliki relasi dan koneksi bisnis yang kuat dengan para usahawan yang bergerak dibidang industri tekstil gordyn ini.

2. Penjualan bahan/supplier Kain dan Aksesoris Gorden
Peluang usaha gorden lainnya adalah menjadi supplier kain dan aksesoris gorden. Usaha yang satu ini juga cukup menggiurkan. Tidak semua supplier memproduksi produk (merek) gorden yang dijualnya langsung ke pabrik, meski sebagian besarnya punya merek tersendiri untuk gorden yang dipasarkannya. Bahkan hampir tidak bisa dipisahkan antara usahawan gorden yang bergerak dibidang produksi kain dan pemasarannya (supplier) karena banyak produsen kain juga memiliki toko-toko tersendiri untuk memasarkan kain yang diproduksinya.

3. Produksi dan penjualan gorden siap pakai (gorden stok)
Tidak semua orang memilih untuk memesan gorden berdasarkan motif, jenis bahan, model dan ukuran yang diinginkannya. Sebagian orang lebih memilih untuk membeli gorden yang siap pakai (gorden stok). Maka peluang yang satu ini pun tidak disia-siakan, banyak para pengusaha gordyn yang mengkhususkan usahanya memproduksi gorden siap pakai atau hordeng stok.

4. Penjualan dan produksi gorden pesanan (custom design)
Beraneka ragam model dan ukuran jendela, kusen dan pintu, menjadi alasan tersendiri bagi sebagain orang untuk memesan gorden berdasarkan ukuran, motif, dan model yang diinginkan. Perbedaan harga gorden pesananan yang cenderung agak mahal dari gorden stok tidak menjadi halangan bagi yang menginginkan tampilan gorden yang lebih bagus, elegan dan enak dipandang mata. Maka toko-toko gorden pun berlomba-lomba memajang sample model gorden yang eye catching, berharap dapat menarik minat para calon pembeli.

5. Jasa jahit dan plisket
Gorden yang rapi terpasang indah dipandang mata adalah hasil apik para 'pekerja' gorden. Tangan-tangan terampil yang mengolah bahan (kain) gorden menjadi gorden cantik yang menghias ruangan itu terdiri dari para penjahit/tukang jahit gorden dan tukang pres (plisket) gorden. Pekerjaan ini membutuhkan waktu, tenaga dan keuletan. Namun keterampilan menjahit dan plisket gorden menjadi daya tawar dan peluang tersendiri untuk menjadi bagain tak terpisahakan dari usaha gorden. Selama usaha gorden masih ada, selama itu pula usaha jahit dan plisket gorden tetap terbuka lebar bagi siapapun yang melirik peluang usaha yang satu ini.

Heri efendi
Founder Sekolah Gorden

6 komentar:

  1. Nice info, anyway ane lg mau carii info importir/pabrik gorden. Kira2 bisa bantu ga dmn kira2 ane biisa cari bahan gorden. Thank.

    BalasHapus
  2. mas yang paling utama untuk mendirikan sebuah usaha gordeng saya ingin membuka usaha tersebut ,,,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah paling utama kanalan dulu dengan pengusaha/penjual gorden, Mas Ari...ngobrol-ngobrol dulu lebih jauh tentang gorden, yang lain-lain bisa menyusul

      Hapus
  3. langkah paling utama .....untuk membuka usaha tersebut bagai mana ......?

    BalasHapus
  4. Untuk di daerah Jakarta, banyak terdapat penjual bahan/kain gorden di Pasar Senen, di Pasar Tanah Abang, Blok F, atau bisa juga di toko terminal tujuh di Samanhudi..di Bandung banyak di Alkateri (dekat Pasar Baru)...kalau pabrik kain gorden di daerah Bandung banyak di daerah Majalaya

    BalasHapus
  5. @ Mas Ari Supriadi: yang paling utama adalah niat untuk terjun di usaha gorden, selebihnya tinggal Anda mulai belajar tentang ilmu pergordengan, mencari tahu tempat belanja, bergaul dengan tukang-tukang gorden (mencari mitra/mentor usaha gorden), mencari tempat yang bagus untuk membuka usaha gorden, dan tentu saja Anda juga harus menyiapkan modal finansial untuk merintis usaha ini...

    BalasHapus