Kamis, 27 September 2012

Cara Memilih Jenis Dan Bahan Gorden

kain gorden

Cara memilih jenis dan bahan gorden - Gorden (gordyn) selalu diartikan sebagai kain panjang yang berfungsi sebagai penutup jendela atau pintu. Hal itu disebabkan karena gorden berbahan kain masih menjadi pilihan favorit banyak orang, terutama untuk jenis gorden rumah, meski nyatanya jenis dan bahan gorden semakin hari semakin beragam.

Cara memilih jenis dan bahan gorden sebagai bagian aksesori interior merupakan salah satu bagian penting dalam menata interior rumah tinggal. Selain gorden berbahan kain, alternatif pilihan gordyn lainnya bisa menggunakan gorden blind.

Berikut beberapa tips atau cara memilih jenis dan bahan gorden:

1. Memilih Gorden Tipis atau Tebal
Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih gorden berbahan kain adalah jenis serta ketebalan bahan kain. Pemilihan jenis bahan seperti linen, sutra atau katun mempengaruhi bentuk kain gorden apakah dilipat, dikerut ataupun dibiarkan lurus tergerai. Sedangkan tebal - tipisnya bahan kain disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Bahan kain yang tebal tentunya bisa mengurangi cahaya yang masuk serta memberi privasi lebih bagi penghuninya bila dibandingkan dengan bahan kain yang tipis.

2. Memilih Gorden Kain atau Blind
Berbeda dengan gorden berbahan kain, gorden blind menghadirkan kesan baru dalam ruangan. Bentuknya yang terbuka serta ragam cara melipatnya memberikan aksen tersendiri mengikuti gaya dekorasi ruangan. Gorden blind juga bisa digunakan untuk memanipulasi suatu ruangan, seperti penggunaan horizontal blind yang bisa memberikan kesan ruangan menjadi lebih lebar. Sedangkan penggunaan jenis gorden vertical blind bisa memberikan kesan ruangan menjadi lebih tinggi. Variasi lain dari jenis gorden blind yaitu roman blind serta roller blind.

3. Menentukan Warna Gorden
Baik gorden kain maupun gorden blind tentunya juga perlu memperhatikan keselarasan warna ruangan secara keseluruhan sehingga tidak hanya berfungsi sebagai penghalang pandangan serta cahaya tetapi juga menjadikan gorden sebagai aksesori interior. Dalam memilih warna, banyak orang memilih warna gorden yang selaras dan serasi dengan warna dinding atau furniture, tapi ada juga yang justru memilih warna yang kontras, dengan tujuan memberikan nuansa yang berbeda, dan terkesan lebih meriah.

Demikian beberapa tips dan cara memilih jenis dan bahan gorden, semoga bermanfaat.

Sumber: http://myhomey.blogspot.com/2010/07/memilih-jenis-dan-bahan-gorden.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar